-->

MENGEJUTKAN!! Inilah Fakta Ilmiah Tentang Kerokan, Masih Mau Kerokan Setelah Baca Ini?


www.jadiBerita.com
www.jadiBerita.com

Kerokan adalah salah satu kebiasaan yang diwariskan oleh nenek moyang Indonesia. Kerokan digemari karena dipercaya bisa menghangatkan badan dan membantu mengeluarkan angin saat masuk angin.
Hanya bermodalkan minyak-minyakan (bisa minyak kayu putih, minyak telon, atau minyak urut) dan uang koin, masyarakat Indonesia udah merasa terobati saat diserang mual dan gak enak badan. Apakah kalian salah satu orang yang sering kerokan ketika masuk angina? Banyak fakta tentang kerokan yang masih belum diketahui masyarakat Indonesia. Untuk itu, baca dan share fakta tentang kerokan ini yuk!

1. Kerokan Memperlebar Pembuluh Darah pada Kulit

Source: www.neorheumacyl.com Gesekan antara kulit dan uang koin ketika kerokan dapat membuat pembuluh darah melebar.

Cara kerja kerokan untuk mengusir masuk angin masih keliru dipahami oleh banyak orang. Penyebab masuk angin biasanya karena kehujanan, terlalu sering terkena angin malam, menggigil terkena AC, atau sering pakai kipas angin. Sebenarnya gejala masuk angin bukan karena banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh melainkan penyempitan pembuluh darah karena udara dingin, sehingga otot-otot kekurangan oksigen untuk bernapas.
Oleh sebab itu saat kita masuk angin, badan terasa pegal-pegal dan otot terasa nyeri. Gerakan mengerok kulit dengan uang koin bukan untuk mengusir angin, tapi justru dapat memperlebar pembuluh darah di permukaan kulit yang menyempit saat udara dingin.

2. Warna Merah pada Kulit Bukan Penanda Parahnya Sakit Masuk Angin

Source: www.sawarna-hidup.blogspot.com Gak ada kaitannya antara semakin merah bekas kerokan dengan sakit masuk angin yang semakin parah.

Bekas merah di punggung setelah kita melakukan prosesi kerokan adalah bukti jejak pembuluh darah terbuka seiring gesekan koin. Daerah tersebut akan dialiri darah yang sebelumnya tertutup. Warna merah yang semakin pekat tergantung dari kuat tidaknya kita menggesekkan koin.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter